Memaknai Nilai-Nilai Spiritual Ibadah Haji

Masjid Agung At-Tin merupakan salah satu masjid yang terbesar di wilayah DKI Jakarta yang terletak di Jl. Raya Taman Mini Jakarta Timur. Masjid ini banyak di gunakan untuk kegiatan-kegiatan agama yang salah satunya adalah di gunakan untuk shalat Jumat berjamaah bagi kaum muslim yang berada disekitar masjid dan waraga masayarakat baik dalam wilayah DKI Jakarta maupun dari luar kota Jakarta yang kebetulan mengadakan kegiatan perjalanan religi ke Masjid Agung At-Tin.

Pada Jumat tanggal 21 Agustus 2014 diselenggarakan juga shalat Jumat berjamaah. Bertindak sebagai imam adalah Ustadz H.Achmad Fauzi Lubis,M.A yang merupakan salah satu imam masjid agung At-Tin, bertindak sebagai muazin adalah Ustadz H. Solehudin,M.P.D yang juga adalah salah satu imam masjid agung At-tin. Sedangkan yang bertindak sebagai khotib adalah DR. Bambang Irawan,M.A dosen  dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salat Jumat berjamaah ini diikuti sekitar 5.000 jamaah.

Dalam khutbahnya khotib DR. Bambang Irawan menyampaikan bahwa, ibadah haji merupakan ibadah puncak dalam agama Islam, yang merupakan perpaduan segala macam ibadah. Ibadah haji adalah ibadah Jasadiyyah (fisik), Maliyah (harta), Qalbiyah ( Hati ) dan Ijtimiyyah (sosial), karena baru wajib dilaksanakan oleh muslim  atau muslimah yang telah memiliki Istithaah (kesanggupan) baik dari berupa bekal untuk berangkat ke tanah suci dan bekal untuk keluarga yang ditinggalkan maupun berupa kemampuan fisik dan mental (sehat dan sanggup) menjalankan manasik (tata cara) haji.

Setiap Muslim pasti mendambakan untuk bisa menunaikan ibadah haji, karena memang menunaikan ibadah haji merupakan panggilan Allah SWT. Menjadi haji adalah menjadi tamu Allah dirumah-Nyadan ditanah suci-Nya.Para hujjaj (jamaah haji) adalah tamu yang “diundang” oleh Allah agar mereka dapat mensyukuri nikma-Nya dan dapat mengambil aneka manfaat dan pelajaran berharga.

Khatib juga menyampaikan bahwa, Haji sudah mulai diserukan oleh Nabi Ibrahim As, mempunyai banyak manfaat, baik dari segi sosial, ekonomi, budaya, pendidikan maupun spiritual. Bagi umat Islam, haji diyakini tidak hanya sekedar atau rukun Islam, melainkan juga dapat menghapus segala dosa masa lalu, membersihkan diri dari segala noda karena yang bersangkutan langsung memohon kepada Allah di tempat yang sangat mustajab yaitu tanah suci ( Multazam, Maqam Ibrahim, Hijir Ismail, Arafah, Muzdalifah, Mina dan Raudhah dan lain-lainya)

Khatib juga mengingatkan bahwa, dengan berhaji , muslim dapat memiliki jiwa persatuan, persaudaraan dan persamaan  diantara sesama umat manusia, karena hampir semua golongan,warna kulit, suku dan ras hadir memenuhi panggilan Allah dirumah-Nya. Ibadah haji juga menambah syiar agama Islam, sehingga semangat para jamaah untuk lebih mendakwahkan dan menyiarkan Islam menjadi semakin meningkat, minimal dalam lingkungan keluarganya.

Ibadah haji memiliki nilai terutama mengenai HAM. Salah satu pelajaran penting dari ibadah haji adalah pidato para nabi yang isi khutbahnya adalah sebagai berikut : “ Rasulullah SAW bersabda ketika beliau sedang menyampaikan khutbah kepada para sahabat, wahai manusia sekalian ! Sesungguhnya Tuhanmu adalah satu. Setiap kalian berasal dari Adam, sedangkan Adam diciptakan dari tanah. Orang yang paling mulia diantara kalian adalah yang paling bertaqwa. Tidak ada keutamaan bagi orang Arab  atas non Arab dan sebaliknya tidak ada keutamaan non Arab atas orang Arab, juga tidak ada keutamaan orang berkulit merah atas orang yang berkulit putih, demikian juga sebaliknya kecuali karena ketaqwaannya. Ingatlah bukan aku telah menyampaikan ini semua ?! Ya allah saksikanlah ini. Dan hendaknya yang hadir disini menyampaikannya kepada yang tidak hadi”r. (HR. Ibnu Hisyam)

Diakhir khutbahnya khatib menyampaikan bahwa, musim haji pada tahun ini dimana banyak diantara saudara kita yang berangkat , mudah-mudahan dapat memberikan perubahan yang bermuara pada kesalehan sosial, semangat saling membantu terutama kepada orang yang membutuhkan

Setelah pelaksanaan salat Jumat dilanjutkan dengan dialog bada Jumat yang di pimpin oleh khotib Dr. Bambang Irawan,M.A yang diikuti oleh para jamaah yang selesai mengikutiu salat Jumat berjamaah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *